Sudah Dari Turun Temurun, Antusias Warga Talumolo Berbondong Ikuti Tradisi Koko’o

GORONTALO, (PN) — Mulai dari Rumah Dinas Walikota dan berakhir sampai di Kelurahan Talumolo, Ratusan Warga Kelurahan Talumolo dan sekitarnya antusias mengikuti tradisi Koko’o. Selasa dini hari (13/04)

Tradisi Koko’o adalah membangunkan orang sahur ini menjadi tradisi masyarakat Gorontalo walaupun di tahun kemarin tidak di laksanakan karena terkendala dengan adanya covid 19 tetapi di tahun ini semangat masyarakat berbondong-bondong untuk mengikuti pelaksanakan tersebut.

Di konfirmasi di sela-sela pelaksana, selaku Ketua pelaksana Hamdi Podungge mengatakan, konsep tradisi untuk membangunkan sahurkan dan ini sudah jadi tradisi turun temurun dari orang tua mereka.

“Pelaksanaannya ini sebenarnya di laksanakan seterusnya tapi yang puncaknya itu di hari pertama dengan di hari terakhir, selanjutnya kita melakukan tapi tidak seperti ini dan kemeriahannya ini sama seperti tahun-tahun kemarin,”jelas Hamdi saat di wawancarai

Hamdi juga menyampaikan bahwa sudah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini Polresta Gorontalo, Danramil, Satpol PP Kota, dan Polsek Kota Timur. Tapi sebelum itu perizinan yang pertama dari Kesbangpol itu yang menjadi acuan kami,”tandasnya

Pada kesempatan itu juga Ketua DPD LPM Kota Gorontalo membuka secara resmi pelaksana kegiatan, Risman Taha mengungkapkan bahwa ini menjadi bentuk silahturahim dari kaum generasi muda.

“Dari pada kaum generasi muda tidak saling mengenal yang akan terjadi tauran antar lorong dan ini terjadi dari dahulu-dahulu kampung Bugis dan Talumolo sering terjadi tauran karena tidak adanya silahturahim,”

“Alhamdulillah dengan adanya Koko’o Gorontalo ini setiap ramadan mereka bersilahturahim maka tidak akan ada tauran dan jangan lupa menerapkan protokol kesehatan,”pungkasnya.(IH)

Komentar