Sekda Sherman Moridu : Adat Gorontalo Sangat Menghormati Kedudukan Kemasyarakatan

BOALEMO, PINOGUNEWS.ID – Kepala Desa sebagai ketua adat di desa, olehnya, jabatan sebagai kepala desa di Gorontalo secara administrasi tetap melekat “taudaa” baik masih menjabat ataupun tidak lagi sebagai kepala desa.

Hal ini di ungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Boalemo, Sherman Moridu pada Sosialisasi Adat Dan Budaya dengan tema Peran perempuan dalam pelestarian adat kerja sama ketua TP.PKK Desa se Kabupaten Boalemo di Aula Kantor Camat Tilamuta, Rabu (15/9/2021).

Lanjut Sherman Moridu, dalam melaksanakan peradatan di desa, kegiatan belum boleh di mulai apa bila kepala desa belum hadir. Sehingga kedudukan Adat Gorontalo ini mari di jaga dengan baik, dan kami sangat konsisten dengan adat dan kami menegur keras para kepala desa jika ditemukan atributnya pun di atur seperti tidak menggunakan kupiah dan pakai celana pendek, itu tidak bisa. Dalam prosesi seperti ini, adat gorontalo sangat menghormati kedudukan bapak dan ibu.

Melalui kegiatan ini, adat dan budaya harus terus kita kembangkan dan letarikan, kita harus ketahui bersama, apa lagi “Boalemo”, kedudukan Boalemo dalam adat sangat penting, sebab Boalemo sebelum terbentuk secara administrasi kabupaten dimana dalam pengambilan keputusan selalu Boalemo menjadi penentu keputusan pada rapat adat Gorontalo.

Sosialisasi Adat Dan Budaya turut di hadiri Ketua TP.PKK Boalemo Lisna Mohi, Camat Tilamuta, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, serta peserta sosialisasi. (Adv).

Admin : RH

Komentar