Sekda Kota Gorontalo Buka Kegiatan Pelatihan Dasar Ekonomi Kreatif

KOTA GORONTALO, (PN) — Mewakili Walikota Gorontalo Marten Taha, Sekretaris Daerah Kota Gorontalo Ismail Madjid membuka kegiatan pelatihan dasar ekonomi kreatif kriya kayu dan melukis. Kamis (17/06)

Ekonomi kreatif sendiri merupakan sebuah konsep perekonomian yang mengutamakan ide dan pengetahuan manusia sebagai faktor produksi utama.

Jelas sekali, kata Ismail bahwa perekonomian kreatif lebih mengutamakan kreativitas maupun ide dari manusia. Ide dan kreativitas manusia dianggap sebagai aset utama yang bisa membuat perekonomian di indonesia terus bergerak maju.

“Kreativitas dan ide dari pelaku usaha ini akan sangat membantu pertumbuhan ekonomi umumnya di indonesia dan lebih khusus lagi di Kota Gorontalo,”ungkap Ismail

Menurut Ismail, ada banyak sekali jenis ekonomi yang bergantung pada kreativitas dari pelaku usaha.

“Beberapa di antaranya adalah jenis usaha kerajinan tangan, kuliner, pasar maupun pameran barang seni, film dan musik, fashion, serta layanan komputer,”tutur Sekda

Sektor usaha riset dan pengembangan juga ternyata ikut dalam kelompok ekonomi ini. Menurut Sekda, banyak sekali macam ekonomi dalam dunia kreatif ini, sesuai dengan bidang kreativitas masing-masing.

“Industri kreatif memiliki jangkauan bidang yang sangat luas dan mungkin akan terus berkembang dari waktu ke waktu. perkembangan ini terjadi seiring dengan semakin luasnya kreativitas para pelaku usaha,”ucapnya

Tambahnya, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pelaksanaan kegiatan pelatihan dasar ekonomi kreatif kriya kayu dan melukis yang dilaksanakan selama kurang lebih dua hari, yang kegiatannya dimulai pada hari ini.

“Manfaat yang paling terlihat nanti adalah munculnya kesempatan atau lapangan kerja baru yang semakin luas. hal ini akan membantu menekan angka pengangguran dan menciptakan masyarakat yang punya kreativitas serta usaha untuk hidup mandiri,”

“Penerapan perekonomian kreatif akan membantu masyarakat indonesia untuk sanggup berkompetisi di dunia bisnis. selain itu, perekonomian kreatif juga akan merangsang munculnya inovasi di berbagai bidang usaha,”pungkasnya. (IH)

Komentar