Satu Kecamatan di Bone Bolango Diterjang Banjir

Bonebol, (PN) — Intensitas curah hujan yang cukup deras terjadi di wilayah pesisir selatan Kabupaten Bone Bolango, mengakibatkan salah satu kecamatan di wilayah tersebut diterjang banjir.

Akibatnya, meluap air sungai Taludaa, yakni Kecamatan Bone. Sejumlah fasilitas pemerintahan, seperti Kantor Camat Bone dan rumah-rumah warga di kecamatan itu, terendam banjir. Seperti di Desa Taludaa dan Desa Masiaga.

”Hujan disini dari tadi malam turun dan mulai deras itu sekitar pukul 3 dini hari,”terang Camat Bone, Kristianto Ruchban, ketika dihubungi melalui via jaringan selulernya, Senin (22/8).

Langkah yang dilakukan saat ini, sebut Kristianto Ruchban, yakni melakukan evakuasi warga ke lokasi yang lebih aman, karena ketinggian air maupun banjir sudah mencapai 1,2 meter, di Dusun Kali Bone Desa Masiaga. Bahkan kendaraan tidak bisa melewati akses jalan di desa tersebut.

”Jadi warga disana kita evakuasi, karena akses jalannya sudah tidak bisa lagi dilalui kendaraan. Sedangkan untuk Desa Ilohuuwa, kami tidak bisa mengakses kesana karena tidak ada jaringan. Informasi terakhir bahwa jembatan darurat yang dibuat oleh masyarakat dari batang kelapa yang menghubungkan Dusun III dang pusat Desa Ilohuuwa, itu sudah hanyut terbawa banjir,”terang Kristianto.

Hingga saat ini belum diketahui berapa jumlah rumah warga dan kepala keluarga yang terdampak banjir tersebut.”Untuk data yang terdampak banjir belum diketahui. Sementara masih dilakukan pendataan oleh aparat desa maupun kecamatan, sambil mengevakuasi warga yang terdampak,”terang Kristianto.

“Sampai saat ini kondisi cuaca di wilayah Kecamatan Bone, hujan deras masih terus mengguyur. Bahkan aliran listrik sudah padam dan kemungkinan jaringan telpon juga akan mati,” tambah Mantan Sekretaris Bapppeda-Litbang Bone Bolango .

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bone Bolango sudah saat ini sudah menerjunkan 6 orang petugas untuk regu 1 dengan 1 unit perahu fiber menuju lokasi. Sementara regu 2 berjumlah 8 orang petugas menuju rumah makan untuk mempersiapkan makanan siap saji bagi warga yang terdampak banjir di wilayah Kecamatan Bone tersebut. (IH)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar