Sasar Sekolah Dasar, Dosen Teknik UNG Gelar Workshop Pelatihan Guru

Bonebol, (PN) — Dosen Teknik Universitas Negeri Gorontalo adakan pengabdian workshop pelatihan penguatan kompetensi guru dalam pembelajaran berbasis TIK di Sekolah.

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo kembali melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Sekolah dasar Negeri 3 Kabila Bone, kabupaten Bone Bolango yang digelar Kamis (10/20/22)

Kegiatan pengabdian dilakukan melalui program Pengabdian Masyarakat Desa Binaan Jurusan Teknik Universitas Negeri Gorontalo,untuk kali ini program ini menyasar sekolah dasar di desa sekitar pesisir, sebagai implementasi dari program kerja rektor UNG yakni salah satunya adalah pemberdayaan masyarakat desa di kawasan Teluk Tomini.

Pengabdian pada Masyarakat ini adalah suatu upaya Universitas Negeri Gorontalo agar terlaksananya Tridarma Perguruan Tinggi untuk memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat.

Adapun Judul dari program kegiatan ini adalah “Penguatan Kompetensi Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Berbasis TIK ” dan juga dirangkaikan dengan penandatangan IA (Implementation Agreement) antara program studi teknik elektro dengan Sekolah Dasar Negeri 3 Kabila Bone,yang merupakan tindak lanjut dari MOU dan PKS (perjanjian kerjasama) antara UNG dan pemerintah Kabupaten Bone Bolango.

Pengabdian ini ketuai oleh dosen muda Ikhsan Hidayat.S.Kom.M.T.MCE dan di anggotai oleh Yasin Mohamad.S.T, M.T ,Zainuddin Bonok.S.T, M.T , Arifin Matoka.S.T, M.T, Wrastawa Ridwan.S.T, M.T.MCE, Syahrir Abdussamad.S.T, M.T, Muhammad Yasser Arafat.S.Pd.M.Pd.MCE, Iskandar Zulkarnain Nasibu.S.T, M.T, & Dr.Lanto Mohamad Kamil Amali.S.T, M.T
Luaran dari program ini adalah : Meningkatnya kemampuan, keterampilan & pengetahuan guru dalam menggunakan aplikasi pembelajaran berbasis TIK di Sekolah Dasar. “Saat ini kita akan fokus melakukan pengabdian ke Sekolah-sekolah guna untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menghadapi perubahan teknologi yang pesat ini” ujar Yasin Mohammad,.S.T, M.T yang juga Ketua Jurusan Teknik Elektro.

Materi yang diberikan oleh tim pengabdian yang berjudul “Media Pembelajaran Berbasis Komputer” yang dibawakan oleh Muhammad Yasser Arafat,S.Pd.M.Pd.MCE dan juga juga materi “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Gamifikasi” dan “Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva” oleh Ikhsan Hidayat,S.Kom.M.T.MCE

Kepala sekolah SDN 3 Kabila Bone yaitu “Fitriyani Voerman Marali,S.Pd”, menyambut baik kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh tim Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo dan kegiatan ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru terutama di SDN 3 Kabila Bone
dalam menghadapi perkembangan teknologi yang pesat.
Kegiatan ini di akhiri dengan workshop, pengumpulan tugas produk, dan penyerahan sertifikat kepada guru di SDN 3 Kabila Bone. (**)

Komentar