Sambut Kerjasama UNG-UGM, Pemkot Gorontalo Dukung Pemgembangan Teluk Tomini

JOGYAKARTA, (PN) — Walikota Gorontalo Marten Taha mendukung penuh kerja sama antara Univeristas Negeri Gorontalo dan Universitas Gadjah Mada (Jogyakarta) dalam mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi bertajuk KKN Tematik dengan mengambil riset pengembangan kawasan Teluk Tomini.

Bagi Marten, terwujudnya kemitraan ini merupakan momentum strategis guna lebih meningkatkan kualitas pendidikan di masing-masing perguruan tinggi, serta memberikan kontribusi berharga bagi pemerintah daerah.

“Kerja sama ini juga sekaligus melibatkan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama). Apresiasi luar biasa bisa bertemu dalam satu forum UGM, UNG dan Kagama Gorontalo. Dan yang menjadi tajuk kerja sama terkait pengembangan Teluk Tomini sangat penting dan strategis,” ujar Marten seusai pertemuan kerja sama tersebut, Senin (31/1).

Peran Marten dalam tiga institusi yakni UNG, UGM, dan Kagama juga memiliki kaitan tersendiri. Di UNG, posisi Marten sebagai dewan pengawas dan di UGM sebagai alumni. Adapun di Kagama, Marten merupakan Ketua Pengurus Daerah di Gorontalo.

Menariknya, objek KKN Tematik UNG dan UGM mengambil fokus pada pengembangan kawasan Teluk Tomini yang digadang-gadang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di wilayah Indonesia Timur. Untuk mengembangkan potensi besar yang dimiliki Teluk Tomini, tentu membutuhkan kerja sama terintegrasi yang juga perlu melibatkan peran perguruan tinggi. Kehadiran KKN Tematik UNG-UGM berperan penting dalam hal tersebut.

Menurut Marten, sebagai kota termaju dengan pertumbuhan ekonomi paling tinggi dan ketersediaan infrastruktur paling siap, Pemerintah Kota Gorontalo akan memberi dukungan untuk riset pengembangan kawasan Teluk Tomini. Hal-hal yang menyangkut kebutuhan tindaklanjut kerja sama UNG dan UGM akan difasilitasi agar agenda KKN Tematik bisa berjalan maksimal.

“Saya mewakili Pemkot Gorontalo dan juga Ketua Kagama Gorontalo siap mensupport apa saja yang dibutuhkan dalam kerjasama ini. Misalnya pada tahap awal pasti akan melaksanakan riset untuk dokumen perencanaan pengembangan kawasan, saya akan support itu. Begitu juga kerjasama penentuan lokasi strategis lainnya,” kata Marten.

Marten pun berharap, KKN UGM – UNG bisa berhasil. Sebagai Ketua Kagama Gorontalo, ia siap menyambut mahasiswa KKN UGM di Gorontalo dan akan memfasilitasi dengan baik. “Semoga upaya kita bersama ini akan beroleh keberkahan,” ujarnya.(**)

Komentar