Saat Bersama Ormas dan LSM, Marten Taha : Pemerintah Tak Boleh Anti Kritik

Kota Gorontalo, (PN) — Keberadaan organisasi masyarakat (Ormas), LSM dan dunia usaha, merupakan mitra penting dalam mencapai tujuan pembangunan. Karena Ormas selain sebagai objek, mereka juga subjek pembangunan.

Hal itu disampaikan Walikota Gorontalo dalam sosialisasi UU Ormas Tahun 2017, meyampaikan bahwa adanya ormas menjadi pilar penting, dalam membantu pemerintah.

“Mereka merupakan representasi masyarakat, baik Ormas, LSM dan Kalangan dunia usaha,” kata Marten Taha Walikota Gorontalo, pada Jumat (29/01/2021).

Selain itu, keberadaan mereka, merupakan saluran aspirasi masyarakat yang dapat memberikan masukan dan sekaligus kontrol, jalan nya pemerintahan. Jadi, jangan justru pemerintah alergi dengan masukan dari ormas, yang cenderung keras, menilai kebijakan pemerintah.

“Kami percaya, adanya ormas, untuk mencapai tujuan bersama-sama, mencapai pembangunan. Untuk pemerintah tak boleh anti kritik,” ujar Marten.

Marten mengingatkan bahwa tujuan pemerintahan yang baik, akan tercapai bila ormas melakukan peran yang maksimal, dengan memberikan masukan dan lainya.

“Tata kelolah pemerintahan yang baik, itu akan tercapai bila tiga pilar melakukan perannya masing-masing. Tiga pilar tersebut, pemerintah, ormas/LSM dan Kalangan dunia usaha,” sambung Marten.

Walikota yang semasa mudanya pegiat ormas ini, apresiasi Kabid Ormas Nurhadi Taha, yang menggelar kegiatan ini, yang sejak laam memang ia nantikan. Bahkan, saat Hadi menjadi bagian dari Kesbang Pol Kota Gorontalo, buku pendataan Ormas /LSM dapat terdokumentasi.

Diakhir penyampaiannya, Marten Taha berharap agar pengurus ormas me menyampaikan kendala dalam menjalankan roda organisasi, dan sebagai pemerintah tentu akan mendukung, sepanjang dapat mendukung tujuan pembangunan. Nasional dan daerah.

Dalam kesempatan ini juga, Kesbang Pol menghadirkan tokoh masyarakat Kota Gorontalo, yang sepak terjangnya tak diragukan lagi, dalam mengembangkan oragnisasinya, Ketua LPM Kota Risman Taha berbagi tips agar Ormas dan LSM dapat berjalan dengan tips sederhana, dan tetap eksis.(PN)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar