Rektor UNG: Peran Sekolah pada SNPMB Sangat Penting

Kota Gorontalo, (PN) – Dalam meningkatkan peran masyarakat khususnya siswa SMA/SMK/MA sederajat dalam pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023.

Pihak Sekolah memiliki peran penting untuk membantu siswa berpartisipasi dalam penerimaan mahasiswa jalur prestasi yang saat ini dikenal dengan jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Menurut Rektor UNG Dr. Ir. Eduart Wolok, ST, MT, peran Sekolah dalam pendaftaran jalur SNBP yakni mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Dalam PDSS terdapat basis data yang berisikan rekam jejak sekolah, serta nilai raport siswa yang akan berpastisipasi dalam penerimaan jalur SNBP 2023.

“PDSS merupakan basis data yang dijadikan sumber utama data dan penilaian jalur SNBP 2023 sehingga pengisian PDSS sebagai tahap yang wajib dilaksanakan dan harus dilakukan secara teliti dan benar,” ujar Rektor.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor juga mengingatkan kepada pihak Sekolah, untuk dapat membimbing serta mengarahkan para siswa dalam melakukan pendaftaran mahasiswa baru nanti. Diantaranya dengan mengarahkannya dalam memilih perguruan tinggi dan program studi yang sesuai dengan keinginan dan minat para siswa.

“Pihak sekolah baik itu kepala sekolah dan operator memiliki peran yang signifikan dalam mendukung terlaksananya seleksi penerimaan mahasiswa baru. Olehnya maksimalkan peran tersebut sehingga siswa dapat melanjutkan tahap pendidikan di perguruan tinggi yang sesuai dengan mereka,” terangnya. (Adv)

Komentar