Rektor Lepas 161 Peserta KKN Desa Membangun Untuk Pencapaian SDGs

GORONTALO, (PN) — Rektor Universitas Negeri Gorontalo Dr. Ir. Eduart Wolok, ST., MT., melepas 161 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Desa Membangun Untuk Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGS) pada Senin (5/4) di halaman kantor Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Rektor dalam sambutannya mengatakan bahwa dua bulan kedepan 161 mahasiswa peserta KKN tersebut akan menjadi duta UNG untuk melakukan peningkatan kapasitas desa di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Bilato, Biluhu dan Batudaa Pantai.

“Ini menjadi istimewa karena kita mencoba metode baru, dimana kita tidak membawa program tetapi kita akan mengidentifikasi program yang ada di desa-desa tempat kita melaksanakan KKN” ungkapnya.

Rektor menambahkan bahwa selama pelaksanaan kegiatan, peserta KKN akan melakukan 4 hal, yaitu identifikasi permasalahan, merumuskan solusi dari permasalahan, melakukan evaluasi dari solusi yang diterapkan, bagaimana melakukan perbaikan dan penyempurnaan dari evaluasi yang sudah dilaksanakan.

“Kalau 4 hal ini bisa kita laksanakan dengan baik maka Insya Allah keberadaan Mahasiswa di desa-desa tempat kita melaksanakan KKN akan memberikan kontribusi yang signifikan,” terangnya.

Konsep KKN Desa Membangun tujuannya akan disesuaikan dengan pencapaian SDGs 17 menjadi 18 dengan SDGs Desa yaitu kearifan lokal.

“Akan sangat baik kalau di dalam mengidentifikasi permasalahan tadi kita akan menyesuaikan dengan tujuan SDGs yang akan dicapai, sehingga nantinya kita akan mempunyai data untuk permasalahan sesuai dengan yang ada pada SDGs, solusi yang kita terapkan dan juga penyempurnaannya”, pungkasnya.(Adv/IH)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar