oleh

Ryan Kono: Perkembangan Esports Perlu Diimbangi dengan Pembinaan Atlet

Kota Gorontalo, (PN) — Perkembangan Esports di Kota Gorontalo perlu diimbangi dengan pembinaan para atlet agar bisa meraih prestasi tertinggi.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Walikota Gorotalo, Ryan F. Kono saat menjadi Keynote Speaker E- Sport Talks dengan Tema Menekar Industri E sport membantu Ekonomi Daerah dan Ekosistem Digital, sekaligus pembukaan Turnamen Piala Gubernur Esport Indonesia (ESI) Gorontalo 2022 , Selasa (20/09)

“Tujuan ESI ini karena sudah menjadi cabang olahraga, maka cabang olahraga itu diharapkan harus menghasilkan prestasi, sehingga kedepan kita harus mulai melakukan pembinaan untuk calon atlet Esport ini,” kata Ryan

Ryan menilai, olahraga tersebut sangat menjanjikan di waktu mendatang. Selain bisa mengharumkan nama daerah dengan torehan prestasi, olahraga ini juga dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

Lihat Juga  Marten Taha Jadi Peserta Forum 100CEO di Istana Negara

Terbukti, kata Ryan, selama pandemi covid-19 saja, pertumbuhan ekonomi dari cabang e-sport tersebut cukup tinggi karena animonya juga tinggi.

“Esport ini bukan hanya pemainnya (atlet) saja, banyak pihak yang bakal terlibat. Misalnya penyelenggaran Piala Gubernur ini, ini kan melibatkan event organizer, UMKM dan pihak-pihak lainnya. Mereka bisa terbantu dalam hal ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Esport Indonesia (ESI) Provinsi Gorontalo, Suryono menambahkan bahwa ajang Piala Gubernur Esports 2022 merupakan ajang pembuktian bagi atlet esports profesional Daerah.

Ia berharap melalui turnamen ini, agar dapat mempersiapkan talenta-talenta daerah untuk bisa bersaing dalam kancah Nasional dan Internasional.

“Potensi Gorontalo baik dari ekosistem, industri, maupun pemain sudah banyak dilirik pegiat esports baik di kawasan regional maupun internasional,” pungkas Suryono.

Komentar