oleh

Pemkot Kembali Masuk Daftar Penerima WTP Award dari Kementrian

Kota Gorontalo, (PN) — Pemerintah kota Gorontalo kembali masuk dalam daftar penerima apresiasi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Award dari kementerian keuangan.

Apresiasi WTP tersebut terkait dengan penataan akuntasi dan pelaporan keuangan pemerintah yang diiumumkan secara hybrid pada pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2022. Agenda di hadiri langsung oleh Menteri Keuangan Srimulyani, lembaga kementerian dan seluruh pemerintah daerah, Kamis, (22/09).

Kepala Badan Keuangan Kota Gorontalo Nuryanto mengatakan bahwa apresiasi tersebut, merupakan buah hasil dari komitmen bersama menjaga akuntabiltas tata kelola keuangan daerah sesuai ketentuan.

” Dilandasi oleh komitmen yang kuat, Alhamdulilah kota Gorontalo beroleh apresiasi WTP selama delapan tahun tanpa jedah. ” ujar Nuryanto mengikuti secara virtual.

Lihat Juga  Pertemuan Forum di Universitas Jambi, UNG Terpilih Sebagai Narasumber PTN BLU

Pencapaian tersebut di akui Nuryanto bahwa tidak mudah dilakukan tanpa dukungan penuh kepala daerah. Sebab, Ia ungkapkan semasa kepemimpin Walikota Gorontalo Marten Taha kriteria opini WTP terpenuhi secara menyeluruh.

Adapun 4 poin penting yang menjadi syarat diperolehnya WTP ini, kata nuryanto yang harus dipenuhi adalah kesesuaian standar akuntansi pemerintah.

“Kehandalan sistem pengendalian internal pemerintah. selanjutnya ketaatan terhadap peruaturan perundang – undangan dan terakhir kecukupan penyampaian informasi pelaporan keuangan tersebut” ucapnya.

Terlebih, hubungannya dengan apresiasi dari kementerian keuangan, lanjut nuryanto, opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan RI menjadi rujukan diberikan WTP award.

Pemberian penghargaan dibagi dalam tiga kategori. yakni selama minimal 5 tahun memperoleh WTP secara berturut – turut, minimal 10 tahun dan minimal 15 tahun. khusus kota gorontalo masuk pada kategori minimal 5 tahun.

Lihat Juga  Catat Tanggalnya, Organisasi Relawan Pendukung Jokowi Bakal Gelar Musra

” Sesuai dengan penyampaian ibu Menteri Keuangan tadi, untuk kategori minimal 5 tahun dihitung dari tahun 2017. untuk 10 dan 15 tahun tentu berdasarkan tahun sebelumnya. namun yang membanggakan kita semua, selama 8 kali WTP hanya disatu kepemimpinan, dimasa pak Marten Taha. berbeda dengan daerah lain memperoleh sepuluh atau lima belas kali WTP, akumulasi kinerja beberapa kepala daerah.” ujar nuryanto.

Kedepa, nuryanto akan fokus pada peningkatan kualitas tata kelola keuangan. nantinya kata nuryanto setiap OPD lingkup pemerintah kota gorontalo akan dijadikan wilayah tertib adminitrasi atau disingkat WTA. (IH)

Komentar