Pemkot Ajukan 8 Ranperda Eksekutif dan Legislatif ke DPRD Kota Gorontalo

KOTA GORONTALO, (PN) — Rapat paripurna tingkat I dalam rangka penyampaian 8 (Delapan) Ranperda yang terdiri dari 4 (Empat) usul inisiatif eksekutif dan 4 (Empat) usul inisiatif legislatif. Selasa (06/07)

Untuk mewujudkan indonesia sebagai negara hukum, Walikota Gorontalo Marten Taha saat sambuntannya di DPRD Kota Gorontalo menyampaikan, daerah turut berkewajiban melaksanakan pembangunan hukum yang dilakukan secara terencana, terpadu, dan berkelanjutan.

Lanjut Marten, pada dasarnya terdapat tiga pilar utama dalam mewujudkan good governance yaitu akuntabilitas, transparansi dan partisipatif.

“Pemerintah daerah perlu melakukan langkah-langkah yang efektif dan efisien, antara lain dalam melaksanakan otonomi daerah yang identik dengan adanya tuntutan good governance dalam rangka efektifitas dan efisiensi pembangunan daerah dalam kerangka otonomi daerah yang memerlukan prasyarat berupa tata pemerintahan yang baik dan bersih,”

“Terselenggaranya good governance merupakan prasyarat utama untuk dalam mencapai mewujudkan aspirasi masyarakat tujuan dan cita-cita bangsa dan negara,”tandas Marten

Berdasarkan beberapa pertimbangan yang dilakukan pemerintah kota Gorontalo mengajukan 4. (empat) buah ranperda yang terdiri dari:
1. Ranperda tentang penyidikan pegawai negeri sipil.
2. Ranperda tentang pelestarian cagar budaya.
3. Ranperda tentang perubahan atas peraturan daerah nomor 10 tahun 2019 tentang RPJMD 2019- 2024.
4. Ranperda tentang pendirian perusahaan umum daerah air minum muara tirta

Sehubungan dengan 4 (empat) buah ranperda usul inisiatif legislatif yang terdiri dari :
-Ranperda tentang penyelenggaraan pemondokan
-Ranperda tentang penyelenggaraan kearsipan
-Ranperda tentang pengelolaan cadangan pangan
-Ranperda tentang pengarusutamaan gender

Atas usulan keempat ranperda tersebut, Marten Taha, atas nama pemerintah kota Gorontalo menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih setinggi-tingginya kepada Pimpinan dan Anggota DPRD kota Gorontalo.

“Ini menunjukan bahwa begitu besar perhatian bapak dan ibu sekalian guna mendukung penyelenggaraan pemerintahan kota Gorontalo,”tuturnya

Melalui kesempatan itu, Walikota Gorontalo ini sangat mengharapkan kepada seluruh perangkat daerah terkait serta seluruh anggota DPRD yang masuk dalam tim pansus dalam rangka membahas ranperda tersebut dapat memberikan masukan dan kritikan, agar produk hukum tersebut berdampak pada peningkatan pelayanan terhadap masyarakat. (IH)

Komentar