oleh

Pecanangan KJPW, Anas Jusuf : Sebagai Ketahanan Pangan Untuk Keluarga

BOALEMO, PINOGUNEWS.ID – Pencanangan Kawasan Jelajah Pekarangan Warga di Desa Tri Rukun Kecamatan Wonosari, sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat dan juga memanfaatkan tanah pekarangan masyarakat menjadi bermanfaat.

Upaya ini dilakukan kata Pelaksana Tugas Bupati Boalemo Anas Jusuf pada saat mencanangkan kawasan jelajah pekarangan warga (KJPW) melalui Dinas Pangan oleh kelompok tani, guna mensukseskan Gerakan Boalemo Mopomulo (GBM).

“Kawasan jelajah pekarangan warga, demi memanfaatkan olah pangan lokal melalui gerakan 1 momen 1 pohon dan disinilah partisipasi masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan/halaman rumah termasuk jumlah dan jenis yang ditanam” kata Anas Jusuf, Kamis (28/10/2021).

Pencanangan KJPW menurut Anas Jusuf, kita awali didesa ini sebagai percontohan bagi desa lainnya di Boalemo, apa lagi sudah terbentuk kelompok wanita tani (KWT) sebagai wadah mengembangkan serta meningkatkan kesejahteraan bagi anggota.

Lihat Juga  Ini Harapan Kepsek SDN 13 Mananggu Terhadap Pemda Boalemo

“Jelajah pekarangan begitu penting, mengapa, sangat ironis, kita memiliki tanah yang begitu bagus namun kita masih membeli cabe dengan harga yang agak mahal, pada hal, kalau kita manfaatkan pekarangan, maka ketahanan pangan keluarga kita bisa teratasi” kata Anas Jusuf.

Sementara Kepala Dinas Pangan Adnan Marzuk menyampaikan, jelajah pekarangan warga dengan menanam sayur-sayuran, cabe, tomat, bawang, serta tanaman lainnya, guna ketahanan pangan keluarga, dan juga sebagai impementasi dari Gerakan Boalemo Mopomulo (GBM).

Pemanfaatan olah pangan lokal kata Adnan Marzuk, makanan yang diproduksi oleh kelompok tani, kelompok usaha kecil, serta kelompok lainnya, wilayah Kabupaten Boalemo itu sendiri yang harus di dorong dan dikembangkan kedepan. (Adv).

Komentar