Mudahkan Perizinan UMKM Dan Ciptakan Label Produk Lokal Boalemo

BOALEMO, PINOGUNEWS.ID – Jika selama ini mengurus perizinan harus mendatangi kantor perizinan, namun sekarang pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hanya mengandalkan android/henpon sendiri sudah bisa mengurus perizinan.

“Pemerintah daerah terus berusaha memberikan yang terbaik bagi pelaku UMKM di Boalemo dalam pengurusan perizinan, supaya pelaku UMKM memiliki legalitas dalam berusaha,” kata Pelaksanan Tugas Bupati Anas Jusuf saat membuka Sosialisasi Pengawasan Perizinan Berbasis Resiko yang di gagas oleh Dinas Penanaman Modal dan Energi Sumber Daya Mineral di Desa Tapadaa Kecamatan Botumoito, Jumat (10/12/2021).

Melalui legalitas usaha, maka bapak dan ibu bisa menambahkan modal usaha dan juga bagaimana kiat-kiat kita agar usaha berhasil. Apa lagi banyak potensi-potensi lokal yang bisa di kelola oleh pelaku usaha seperti pengembangan produksi gula aren, pengembangan kupiah keranjang, kerawang, dan usaha lainnya, namun sudah harus memikirkan bagaimana pelabelan setiap produk lokal Boalemo.

Dan juga yang harus dipikirkan oleh pimpinan OPD kata Anas Jusuf bagaimana ada tempat galeri untuk ole-ole khas Boalemo, karena selama ini galeri tempat ole-ole Boalemo, kita masih belum memiliki itu, pada hal kerajinan tangan dan produk lokal Boalemo begitu banyak dan tinggal bagaimana ada tempat ciri khas ole-ole kita.

Selain itu di harapkan kepada PTSP Boalemo, walau pun telah memiliki wabsite namun yang harus di pikirkan adalah aplikasi yang lebih memudahkan bagi pelaku UMKM dalam mengurus izin usaha mereka. (Adv).

Komentar