Lebih Dekat dengan Warga Lewat Inovasi CAMAR

Kota Gorontalo, (PN) — Tuntutan Walikota Gorontalo Marten Taha agar pemerintah kecamatan dan kelurahan lebih dekat dan sedia menyerap aspirasi masyarakat dijawab dengan ide program inovatif oleh Pemerintah Kecamatan Kota Utara. Di wilayah ini, pemerintah setempat menggagas program yang Camat Menyapa Masyarakat Kota Utara yang disingkat CAMARKU.

“Tujuan program ini sebagai media untuk pemerintah untuk menjalin silaturahmi, membangun komunikasi sekaligus menyerap aspirasi warga di tiap kelurahan di Kota Utara,” ujar Camat Kota Utara Sofyan Butolo yang menggagas langsung program tersebut ketika diwawancarai Selasa (13/9/2022). Di Kota Utara terdapat enam kelurahan, yakni masing-masing Dembe II, Dembe Jaya, Wonggaditi Timur, Wonggaditi Barat, Dulomo Utara dan Dulomo Selatan.

Sofyan menuturkan, sejak menjabat pada 18 Januari 2021, ia menggerakkan aparatnya agar rutin turun melaksanakan kegiatan dengan bertatap muka bersama masyarakat. Berikutnya, ia terpikirkan untuk mengemas agenda ini menjadi sebuah program khusus yakni Camarku.

Kunjungan Pemerintah Kota Utara ke masyarakat pun menjadi lebih intens dan terkoordinir dengan baik. Tema kunjungan pun tidak sekadar bersapa, tapi mendengarkan secara langsung keluhan-keluhan dari masyarakat di tiap kelurahan.

Dengan demikian, pemerintah kecamatan menjadi update informasi dan kondisi masyarakat sehingga lebih sigap dengan beragai solusi dan tindaklanjut permasalahan yang ditemui.

“Dari keluhan itu nanti kami akan diskusikan bersama dengan lurah untuk mencari format-format solusi demi perbaikan di segala hal. Apakah itu dari segi ekonomi, kesehatan, kesejahteraan, keamanan dan ketertiban masyarakat,” katanya.

Sofyan menandaskan, program CAMARKU disambut dengan respon positif oleh setiap masyarakat. Bahkan banyak yang memberikan apresiasi karena terselip besarnya manfaat program. Warga pun lebih merasa nyaman dan dekat dengan pemerintah kecamatan dan kelurahan. (IH)

Komentar