Ketuk APBDes! Rumbia Dan Dulangeya Kebut, Camat Botumoito : Segera Percepat Proses BLT Bagi Masyarakat

BOALEMO, (PN) – Penetapan Rencana Kerja Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2021, di Desa Rumbia dan Desa Dulangeya Kecamatan Botumoito, di ketuk sudah oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menjadi landasan dan pijakan dalam menjalankan program di desa di tahun 2021.

Dalam Musyawarah Desa, baik di Desa Rumbia di pimpin Ketua BPD Said Alamri dan di hadiri Kepala Desa Rumbia Rudin Dai sedangkan Desa Dulangeya di pimpin Ketua BPD Tambrin Mokoginta dan di hadiri Kepala Desa Dulangeya Tambrin Ibrahim, dimana BPD dan Peserta Musyawarah Desa menerima rancangan peraturan desa menjadi peraturan desa untuk APBDes tahun 2021, Sabtu (20/03/2021).

Sementara Camat Botumoito Jefri Kaluku saat memberikan arahan di dua desa yang menggelar musyawarah desa, sebelumnya kita ini sudah terlambat yang seharusnya ini sudah selesai namun demi menyelamatkan anggaran agar tidak di potong maka penetapan APBDes di dua desa di percepat dan menyusul lagi satu desa sebagai syarat untuk mengajukan pencairan, tetapi lebih di utamakan adalah penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Apa lagi ada amanat oleh regulasi dimana kecamatan harus melakukan pengawasan, monitoring dan evaluasi. Sehingga setelah APBDes di sahkan maka secepatnya di ajukan kepada dinas teknis, apalagi di tahun ini pemerintah daerah memberikan kebijakan kepada pemerintah desa tidak lagi lewat non tunai melainkan tunai” ungkap Camat Botumoito Jefri Kaluku.

Dan di harapkan sinergitas semua pemangku kepentingan di desa terus di jalankan, supaya segala persoalan yang terjadi di desa cepat terselesaikan di desa tanpa harus lagi ke kecamatan atau pemerintah daerah. Sehingga percayakan kepada pemerintah desa dalam menjalankan segala program di desa namun pemerintah desa terus bangun komunikasi dengan siapa saja demi lancarnya program di desa.

Pada penetapan APBDES Desa Rumbia berjumlah 1.211.219.000 sedangkan APBDES Desa Dulangeya berjumlah 1.403.032.000, dalam Musyawarah Desa tersebut turut di hadiri Tenaga Ahli, Pendamping Desa, Sekretaris Desa, Staf Desa dan Masyarakat. (YH).

Komentar

News Feed