Kemajuan Teknologi di Masa Pandemi, Pemkot Gorontalo Komitmen Untuk Kembangkan Pelaku UMKM

KOTA GORONTALO, (PN) — Kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya, terutama di saat pandemi seperti sekarang ini.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Ryan F. Kono pada pembukaan diklat peningkatan pengetahuan digitalisasi UMKM melalui pengembangan strategi marketing di sosial media dan market place. Senin (15/11)

Menurut Ryan, berbagai cara dilakukan oleh pemerintah kota Gorontalo agar UMKM dapat bertahan, salah satunya mempercepat peralihan umkm ke era digital.

“Perubahan perilaku konsumen dengan membatasi interaksi fisik dan mengurangi aktÄ°fitas di luar rumah terbukti memberi peluang lebih besar kepada umkm yang sudah terhubung dengan ekosistem digital untuk bertahan atau bahkan melaju di tengah pandemi covid 19,”terang Ryan

Dalam membangun strategi digitalisasi usaha, kata Ryan, pelaku UMKM bisa menggunakan rumus skala integrasi horizontal dan vertikal, integrasi horizontal adalah semacam strategi ekspansi bisnis.

“Pelaku usaha memperoleh lini bisnis yang sama atau pada tingkat rantai nilai yang sama sehingga dapat menghilangkan persaingan ke tingkat yang lebih besar sebaliknya, interagsi vertikal di gunakan untuk menguasai seluruh industri dengan mencakup rantai pasokan,”jelasnya

Melalui kegiatan ini, Ia berharap bahwa UMKM khususnya di kota Gorontalo dapat semakin maju dan berkembang.

“Baik masyarakat, dunia usaha dan elemen yang lain dapat mendukung dan memajukan UMKM, pemerintah kota Gorontalo memegang komitmen untuk memajukan para pelaku umkm, dimana pemerintah kota Gorontalo memiliki beberapa misi dalam memajukan kota Gorontalo,”pungkasnya. (IH)

Komentar