Hindari terjadinya kerumunan, Marten tiadakan Tarling

KOTA GORONTALO, (PN) — Walikota Gorontalo Marten Taha meniadakan agenda tarwih keliling (tarling), yang biasa dilakukan jajaran pemerintah kota gorontalo dalam mengisi bulan suci ramadhan.

Kebijakan ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan, khususnya pelaksanaan ibadah sholat isya dan tarwih dimasjid.
Hal itu terlihat saat marten melaksanakan sholat isya dan tarwih di masjid agung baiturahim kota Gorontalo, selasa 13/4/21. Nampak orang nomor satu di kota Gorontalo itu hanya didampingi 3 orang pejabat, yakni Kasatpol PP, Satgas penanganan covid -19 kota Gorontalo dan camat setempat.

“Tahun ini agenda tarwih keliling oleh pemerintah kota gorontalo kami tiadakan , untuk menghindari adanya kerumunan,” ucap Marten Taha usai sholat.

Lebih lanjut marten mengatakan selain untuk melaksanakan sholat isya dan tarwih dimasjid, Ia ingin melihat langsung apakah semua masjid telah menjalankan protocol kesehatan secara ketat, sebagimana edaran yang dikeluarkan pemerintah kota gorotalo beberapa waktu lalu.

Sebelumnya pemerintah kota Gorontalo telah mengeluarkan edaran yang mengacu pada edaran Menteri agama No. 3 Tahun 2021, tentang panduan ibadah ramdhan dan idhul fitri 1442 H.

“Alhamdulilah disini penerapan protocol kesehatan sudah dijalankan dengan baik. Meski sudah diperbolehkan untuk pelaksanaan ibadah dimasjid, namun pihak masjid wajib mengikuti edaran pemerintah, utamanya setiap jamaah harus pakai masker, menjaga jarak minimal 1 m, dan membatasi kapasitas daya tampung masjid sebanyak 50 persen,” ujar marten.

Kebijakan tentang pedoman pelaksanaan ibadah selama ramadhan, juga diberlakukan bagi ASN dan Pejabat di lingkungan pemerintah kota gorontalo, mereka diminta untuk melaksanakan sholat di sekitar tempat tinggal masing-masing, untuk menghindari terjadinya kerumunan.

Marten berencana akan terus melakukan pemantaun di setiap masjid yang ada diwilayah kota Gorontalo, terkait penjadwalannya ia sengaja tidak akan mempublis secara umum.

“Saya tidak ingin ketika diumumkan akan memicu membludaknya jamaah” pungkasnya.(Adv/IH)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar