Hasil Musyawarah Dari Bawah Mana Menjadi Prioritas Masuk Penyusunan APBD

BOALEMO, (PN) – Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo melalui Dinas Perumahan, Permukiman, Perhubungan, dan Pertanahan (Perkimhubtan) menggelar Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tahun 2021, guna mensinkronisasikan hasil musyawarah yang telah di sepakati dari bawah supaya masuk dalam penyusunan ABPD, bertempat di Aula Dinas Perkimhubtan, Rabu (24/3/2021).

“Singkronisasi hasil musyawarah dari bawah dan di lanjutkan lewat forum OPD merupakan bagian terpenting untuk di tindaklanjuti oleh seluruh OPD, supaya apa yang menjadi harapan masyarakat dalam pembangunan di tingkat desa benar-benar bisa terealisasi apa saja yang menjadi skala prioritas dan di hubungkan dalam RPJMD” ungkap PLT BUPATI Anas Jusuf.

Apa gunanya kita melaksanakan musyawarah dari tingkat desa, tingkat kecamatan, tingkat kabupaten , tiba-tiba tidak terpakai pada saat penyusunan APBD dan itu sia-sia pekerjaannya, oleh sebab itu sinkronisasi antara musrenbang baik dari desa, kecamatan, kabupaten, lalu dikaitkan dengan RPJMD, itulah prodak yang paling di singkronkan.

Selain itu, Anas Jusuf menambahkan, dalam pelaksanaan program harus bisa mengukur apa yang menjadi keinginan, berdasarkan kebutuhan yang bisa memperluas pola pikir seseorang dalam pengolahan kesuksesan kinerja.

“Kita bisa mengukur, jangan sampai ada program yang kita laksanakan hanya untuk memenuhi keinginan dan harus berbanding lurus walaupun tidak semua keinginan terakomodir tetapi di sesuai dengan kebutuhan, jangan hanya keinginan tanpa didasari dengan kebutuhan,” kata Anas Jusuf.

Keseriusan serta komitmen dari masing-masing kecamatan dan OPD terkait sangat dibutuhkan, jadi apa yang diharapkan bisa tercapai dengan baik sesuai visi dan misi Pemerintahan Damai.

Lebih lanjut Anas Jusuf tegaskan kepada seluruh ASN, agar selalu menjaga hubungan silaturahim antar sesama tanpa harus mengurus kegiatan orang lain, sebab apa yang menjadi kepentingan bersama semua ada pada diri sendiri.

“Saya tidak bosan-bosan untuk mengajak kepada kita untuk tetap menjaga persatuan, menjaga hubungan baik, menjaga rasa persaudaraan diantara kita, jangan saling mencari kesalahan, jangan mencari kelemahan orang lain, tidak usah ngurusin diri orang lain, urus saja diri kita masing-masing,” tutupnya. (YH).

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar