Gandeng ASN Pemkot, Komunitas di Gorontalo Jadi Bagian Aksi Donor Darah Massal

GORONTALO, (PN) – Gabungan komunitas motor di Kota Gorontalo menggelar aksi kemanusiaan donor darah bertepatan pada momen Hari Pahlawan dengan menggandeng Pemkot Gorontalo.

Kegiatan yang merupakan bagian dari program ‘Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022’ itu diinisiasi oleh Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA).

Aksi sosial ini digelar serentak di seluruh Indonesia Timur mulai 29 Oktober hingga 13 November 2022 lalu. Kegiatan kolaborasi komunitas dan Palang Merah Indonesia (PMI) ini melibatkan 750 komunitas di 82 kabupaten/kota di Indonesia Timur yang tersebar di 15 provinsi.

Program dengan tema ‘KITA adalah Pahlawan’ tersebut menghasilkan 3.085 kantong darah dari total pendaftar 5.894. Atas capaian ini Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan dua penghargaan sekaligus, yakni pertama penghargaan rekor donor darah terbesar yang dilakukan komunitas. Kemudian rekor kedua yakni donor arah di provinsi terbanyak, yakni donor darah secara pararel dalam kurun waktu dua minggu di 15 provinsi.

Donor arah massal di Gorontalo sendiri telah terlaksana 12—13 November 2022 di Taman Kota Gorontalo. Komunitas bersama masyarakat umum dan ASN setempat turut partisipasi menyukseskan kegiatan ini.

Jumlah pendaftar mencapai 113 orang, namun beberapa calon pendonor gagal diambil darahnya karena tidak memenuhi persyaratan medis. Sehingga darah yang terkumpul sebanyak 91 kantong. Darah yang terkumpul dikelola oleh PMI setempat untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Mokhamad Robby Hidayat selaku penanggung jawab kegiatan menjelaskan donor darah massal yang diselenggarkan komunitas tersebut terbuka untuk masyarakat umum dan bekerja sama dengan Pemkot Gorontalo.

Donor darah massal dibuka langsung oleh Walikota Gorontalo Marten A Taha. Dalam sambutannya, Walikota menghimbau ASN Kota Gorontalo untuk mendonorkan darahnya pada event tersebut.

“Terima kasih kepada Bapak Walikota Gorontalo dan ASN yang sudah berpartisipasi. Terimakasih pula untuk Kolaborasi KITA yang secara rutin melibatkan komunitas dalam kegiatan-kegitan positif hingga meraih penghargaan MURI,” ungkapnya.

Adapun komunitas yang terlibat dalam aksi ini yaitu Yamaha Vixion Club Indonesia Gorontalo Chapter (YVCI-G), Yamaha Vixion Club Indonesia Gorontalo Chapter (YVCI-DM), X-Rider Yamaha Indonesia ( XYI-G), Honda Street Fire Club Indonesia (HSFCI-G), CBR Club Indonesia Gorontalo (CCI-G), Honda Sonic 150R Owner Indonesia (HSOI-G), dan Honda PCX Club Indonesia Gorontalo Chapter (HPCI -G).

Lalu ada Fighter Indfependent Max Community Gorontalo (FIMAC-G), Suzuki Riders F150 Club Pengda Gorontalo (SRFC-G), Yamaha Vixion Club Indonesia Gorontalo Utara Chapter (YVCI-GU), Fino Owners Indonesia Chapter Limboto (FOI-Limboto), X-Rider Yamaha Indonesia Limboto Region (XYI-Limboto), dan Ninja Owners Club Gorontalo (NOC-G).

Selanjutnya, Honda Beat Club Gorontalo (HBC-G), Maxi Family Indonesia Gorontalo Utara (MFI-GU), Maxi Family Indonesia Limboto (MFI-L), Celebecs Vixion Club Kab. Gorontalo (CVC-Kab. Gorontalo), serta Ninja Riders Club Gorontalo NRC-Gorontalo. (*)

Komentar