oleh

Forkopimda Bonebol Bahas Percepatan Pengadaan Lahan Waduk Bulango Ulu

BONEBOL (PN) – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) menggelar rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang dipimpin langsung oleh Plh. Bupati Bone Bolango Ishak Ntoma, di ruang rapat Bupati, Senin (22/2/2021).

Rapat ini dilaksanakan guna mempercepat pembangunan Waduk Bulango Ulu sekaligus membahas proses ganti rugi lahan masyarakat.

Ishak Ntoma mengatakan pihaknya bersama Forkopimda Bone Bolango telah menyepakati proses pengadaan lahan untuk Waduk Bulango Ulu harus segera dieksekusi secepatnya.

Ishak menuturkan bahwa ketika sudah dilakukan ganti rugi lahan oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango masyarakat harus membayar Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Lihat Juga  Ada 26 Jenis PMKS, Pemkot Telah Programkan Berbagai Kegiatan Sosial

“Untuk nilai yang harus dibayarkan oleh masyarakat adalah 5% dari nilai NJOP yang tertera pada PBB,” tutur Ishak.

Ia menambahkan untuk pembayaran BPHTB dan PBB ini pihaknya akan melakukan sosialisasi pada masyarakat yang akan digelar pada minggu depan.

“Nanti akan dilakukan sosialisasi pada masyarakat tentang pembayaran BPHTB dan PBB ini pada minggu depan yang akan dilaksanakan selama 2 hari dengan mengedepankan protocol kesehatan,” ungkap Ishak.

Ishak menjelaskan bahwa untuk jumlah masyarakat yang wajib melunasi BPHTB dan PBB ini berjumlah 377 orang dengan sekitar 1.500 sertifikat.

“Untuk masyarakat yang tanahnya masih bersengketa kami akan berikan tanggung jawab kepada Pengadilan untuk proses pembayaran BPHTB dan PBB ini,”jelas Ishak.

Lihat Juga  Angkat Kawasan Ekonomi Berbasis Perdesaan, Berikut Penjelasan Rektor

Ishak juga mengungkapkan bahwa pembayaran BPHTB dan PBB ini tidak termasuk dalam ruang lingkup proyek strategis nasional. Ia berharap secepatnya dilaksanakan proses ganti rugi lahan untuk pembangunan Waduk Bulango Ulu dan tidak boleh ada keributan.(Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed