Dorong Kualitas Koperasi, Diskumperindag Provinsi Gorontalo Gelar Penyuluhan dan Pembinaan

Gorontalo, (PN) – Mewujudkan koperasi sehat melalui peningkatan SDM Pengelola Koperasi se-Provinsi Gorontalo, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) Prov. Gorontalo menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan dan Penyuluhan Perkoperasian.

Agenda kegiatan ini memang kerap dilakukan setiap tahun. Kegiatan pembinaan dan penyuluhan ini diberikan secara berkala kepada setiap koperasi yang tersebar di seluruh Provinsi Gorontalo.

Pembinaan Koperasi lebih menitik beratkan kepada koperasi yang telah memperoleh Penguatan Modal di tahun 2022, sehingga pemanfaatan sesuai peruntukannya dan pencatatannya sesuai sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong bertambahnya koperasi yang melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Sebab, RAT adalah media pertanggungjawaban pengurus kepada anggotanya dan menjadi salah satu faktor jika koperasi tersebut dikatakan sehat,

“Untuk itu kita berikan penyuluhan agar koperasi bisa Sehat Organisasi, sehat usaha dan sehat pencatatannya” kata Fungsional Pengawas Koperasi Syarifudin Nasaru.

Syarif menghimbau, bagi koperasi yang belum melaksanakan RAT agar segera melaksanakannya. Selain itu, masukan dan evaluasi juga ia sampaikan bahwa koperasi – koperasi yang ada di Gorontalo bukan hanya kuantitas yang banyak, tapi juga harus berkualitas.

“Beberapa saran dan masukan juga kita sampaikan agar ke depan semakin banyak Koperasi yang memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) serta mengurus Ijin Usaha Koperasi sesuai usaha atau KBLI (klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia) yang ada di anggaran dasar koperasi sebagai salah satu legalitas usaha, serta Mendorong transformasi koperasi modern di Gorontalo,” ungkapnya.

Dirinya berharap, dengan pembinaan dan penyuluhan yang kita lakukan semoga koperasi yang sudah terbentuk, dapat melaksanakan kewajibannya sebagai salah satu pelaku ekonomi yang bisa mensejahterakan ekonomi Anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. dan dapat meningkatkan perekonomian di provinsi Gorontalo,” imbuhnya.

Senada dengan apa yang sering disampaikan oleh Kepala Dinas Kumperindag Prov. Gorontalo Risjon Sunge, salah satu program unggulan Diskumperindag tahun 2023 yakni peningkatan koperasi sehat dengan mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK). Mereka diharapkan bisa menjadi anggota koperasi.

Sehingganya, lewat wadah ini UMK yang sudah bergabung menjadi anggota koperasi dapat mensejahterakan serta mendorong transformasi koperasi modern bisa terwujud di Provinsi Gorontalo.

Kegiatan dilaksanakan di 2 koperasi Kabupaten Pohuwato, masing-masing koperasi produsen Sinar Harapan Wanggarasi dan Koperasi Produsen Salfa Helumo Mandiri.

Sementara di Kabupaten Boalemo ada 2 koperasi, masing-masing Koperasi Konsumen Tri Putra Gustet dan Koperasi Pegawai Tirta Ayuhulalo. Selain itu di Kota Gorontalo dilaksanakan di Kopwan Kasih Ibu. (Adv/IH)

Komentar