Disambut Adat Mopotilolo di Botumoito, Anas Jusuf : Festival Boalemo Dipusatkan di Bolihutuo

BOALEMO, PINOGUNEWS.ID – Bupati Boalemo Anas Jusuf sebelum melaksanakan tugas pemerintahan dan kemasyarakatan di Kecamatan Botumoito, pemerintah kecamatan terlebih dahulu melaksanakan Adat Mopotilolo, bertempat di rumah dinas camat botumoito, Selasa (4/1/2022).

Bupati Boalemo Anas Jusuf menyampaikan, saya kira dalam penyambutan adat di kecamatan botumoito tidak sesakral ini dan cukup sangat sederhana saja, namun prosesinya dilakukan secara adat dan ini beban bagi saya dalam mengimplemetasikan segala pesan-pesan ini.

“Selain itu, bulan Februari antara tanggal 11-13, akan dilaksanakan Festival Boalemo dan festival ini akan di pusatkan di wisata Pantai Bolihutuo, dan ini harus menjadi prioritas bagi pemerintah kecamatan dan desa,” ungkap Bupati Anas Jusuf.

Dan saya berharap mulai dari sekarang, mempersiapkan segala kebutuhan menyambut festival ini karena pusatnya berada di Bolihutuo. Karena tamu-tamu nanti akan tinggal di rumah-rumah masyarakat di Botumoito, sehingga pemerintah kecamatan dan desa sudah memulai mengivetarisasi rumah-rumah masyarakat, mana-mana saja yang nantinya bisa menampung tamu kita, supaya sejak awal kita telah siap melaksanakan festival.

Festival nanti, akan menggerakkan perekonomi masyarakat lebih khususnya masyarakat botumoito, dimana tamu-tamu kita selama berada disini akan bertransaksi antara masyarakat apa saja barang dan produksi kita jual pastinya menjadi kebutuhan tamu-tamu kita.

Dalam adat mopotilolo turut di hadiri oleh Sekretaris Daerah Sherman Moridu, Camat Botumoito Jefri Kaluku, para kepala desa, jajaran pemerintah kecamatan dan desa, para tokoh adat dan tokoh agaman. (Adv).

Komentar