Dinas Pangan Terus Galakkan Boalemo Mopomulo Melalui P2L

BOALEMO, PINOGUNEWS.ID – Program “Boalemo Mopomulo” terus digalakkan disetiap desa yang ada di Boalemo dengan pemanfaatan pekarangan pangan lestari (P2L) melalui Dana Alokasi Khusus Non Fisik (DAK-NF).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pangan Kabupaten Boalemo Adnan Marzuk saat turun lokasi dibeberapa kelompok yang ada di wilayah Boalemo, dan dalam program ini juga dinas pangan kerja sama dengan Ketua Tim PKK Boalemo Lisna Mohi dan instansi lainnya, guna melaksanakan penilaian terhadap manfaat kelompok-kelompak yang mendapat DAK non fisik, Senin (15/11/2021).

Seperti Kelompok Bukit Harapan Desa Bukit Karya Kecamatan Paguyaman Pantai, Kelompok Mawar Indah Desa Piloliyanga Kecamatan Tilamuta, Kelompok Anggur Desa Limbatihu Kecamatan Paguyaman Pantai, Kelompok Wanita Jaya Desa Bualo Kecamatan Paguyaman, Kelompok Barito Jaya Desa Tangga Barito Kecamatan Dulupi, Kelompok Huyula Desa Dimito Kecamatan Wonosari, dan Kelompok Maju Bersama Desa Rumbia Kecamatan Botumoito.

Badan Ketahanan Pangan (BKP) kata Adnan Marzuk, melalui pusat penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan sejak tahun 2010-2019, telah melaksanakan kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), sebagai upaya memperluas penerima manfaat dan pemanfaatan lahan, sejak tahun 2020 kegiatan KRPL berubah menjadi Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

“Dan P2L sebagai upaya meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan pangam dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan rumah tangga serta mendukung program pemerintah penangnan lokasi prioritas intervensi penurunan stunting. Jika lahan kosong dimanfaatkan sebagai kawasan pangan lestari demi memenuhi pangan dan gizi rumah tangga sekaligus meminalisir pengeluaran ibu rumah tangga,” ungkap Adnan Marzuk.

Tujuannya meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan pangan untuk rumah tangga serta meningkatkan pendapatan rumah tangga melalui penyediaan pangan yang berorentasi pasar, seperti tanaman cabe, sayur-sayuran, bawang putih dan bawang merah, pisang, serta tanamam lainnya.

Berikut Tim Juri penilaian P2L dan pemenangnya akan di umumkan pada awal bulan Desember atau apel korpri :

1. Dra Lisna Mohi, Ketua TP-PKK Kabupaten
2. Ny. Riandi Pakaya, Ketua Pokja 3
3. Ineke Hambali, STP, M.Si, Kepala Bidang Konsumsi Dan Keamanan Pangan Dinas Pangan Boalemo

Komentar