Di Kecamatan Bone Bupati dan Wakil Bupati Disambut Secara Adat

BONEBOL, (PN) — Bupati Bone Bolango Hamim Pou dan Wakil Bupati Bone Bolango Merlan Uloli di Kecamatan Bone diterima secara adat Moopotilolo oleh pemangku adat, Selasa (9/3) di rumah dinas Camat Bone.

Mopotilolo merupakan upacara adat Gorontalo untuk menyambut pejabat negara dimana penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat setempat
Mopotilolo diawali dengan penyambutan Bupati dan Wakil Bupati di pintu gerbang adat. Penyambutan itu diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo.

Setibanya di ruangan, prosesi Mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat. Prosesi mopotilolo dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan untuk Bupati dan Wakil Bupati.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengungpakan apresiasinya terkait pelaksanaan upacara adat di Kecamata Bone.

“Satu hal yang istimewa, hari ini kami diupacara adatkan, setelah kembali bertugas jadi Bupati lagi dan Ibu Merlan menjadi wakil Bupati 2021-2024,”ujar Bupati Hamim Pou yang mengatakan, sejak dilantik Bupati Bone Bolango sudah beberapa kali melaksanakan prosesi adat ini.(Adv/IH)

Komentar

News Feed