Dapat Dukungan Dari Masyarakat, KKN Tematik UNG Gelar Pentas Seni dan Olahraga

GORUT, (PN) — Untuk menyalurkan minat dan bakat kepada masyarakat desa, KKN Tematik UNG bersama Karang taruna Desa Ilodulunga menggelar kegiatan pentas seni dan olahraga.

Hal ini dimaksudkan untuk lebih mengembangkan kembali minat dan bakat masyarakat desa terutama di bidang olahraga dan kesenian lebih khusus kepada anak-anak usia dini dan kaum Millenial.

Program kegiatan tambahan dari mahasiswa KKN Tematik UNG ini bekerja sama dengan karang taruna Ilodulunga serta didukung sepenuhnya oleh pemerintah Desa dan masyarakat Ilodulunga.

Dari hasil pantauan awak media ketika berada di lokasi kegiatan, masyarakat desa begitu antusias menyaksikan pentas seni dan olahraga yang dilaksanakan di desa Ilodulunga, Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), terlebih dahulu dimulai dengan kegiatan sepakbola pada sore hari pukul 15:00 Wita, s/d pukul 17:00 Wita, kemudian dilanjutkan dengan pentas seni untuk anak-anak, mulai dari pukul 19:45 Wita, hingga Pukul 21:00 Wita. Senin,(25/10/2021).

Sekretaris desa, Irfan Sikili, kepada awak media mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Tematik UNG, berkolaborasi dengan Karang taruna desa Ilodulunga.

“Alhamdulillah kami dari Pemerintah desa sangat mengapresiasi apa yang yang menjadi program kegiatan Mahasiswa KKN ini terhadap kesenian dan olahraga, inipun sebagai bentuk mengolahragakan masyarakat dan juga pengembangan seni kreasi kepada anak-anak. Ada beberapa program kegiatan selama mahasiswa KKN berada di desa kami, mereka sudah berkontribusi terhadap kegiatan-kegiatan yang ada di Pemerintahan desa, tentunya bagi kami ini sangat membantu kami, begitupun ketika mereka berada di tengah tengah masyarakat, bisa saling berinteraksi dengan baik dengan warga dusun, sehingganya masyarakat sudah menganggap mereka seperti saudaranya sendiri, ya karena itu tadi, dengan ilmu yang di bawa dari kampus untuk di aplikasikan kepada masyarakat dan ini adalah edukasi.” ucap Irfan.

Sementara itu di tempat yang sama Kordes mahasiswa KKN Tematik UNG, Moh. Nur Sidik Ahmad, menuturkan ada beberapa program yang menjadi prioritas, terutama  pembangunan desa.

“Untuk kami sendiri ada berbagai kegiatan yang menjadi capaian program kami di desa Ilodulunga ini terutama dalam hal desa membangun. Baik itu tentang kebersihan lingkungan, pembuatan tong sampah, perbaikan batas dusun, dan juga sosialisasi tentang vaksinasi kepada masyarakat secara door to door kami lakukan, untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya vaksinasi untuk ketahanan tubuh. Menurut saya ini sangat penting agar masyarakat bisa menerima apa yang kami sampaikan, tentunya pula dengan cara pendekatan persuasif dan humanis.” ujar Sidik.

Lanjutnya Sidik menambahkan, mendekati penghujung program kegiatan dari mahasiswa KKN Tematik UNG, dirinya bersama teman-teman Karang taruna saat ini melaksanakan program tambahan, yaitu olahraga dan kesenian.

“Terkait dengan program kegiatan olahraga dan kesenian ini, kami bekerja sama dengan Karang taruna, bagaimana kita bisa bangkitkan kembali semangat olahraga kepada masyarakat desa, setidaknya kita ikut mengolahragakan masyarakat. Begitupun dengan kesenian, karena melihat potensi maupun bakat itu ada di masyarakat, terutama para Millenial, untuk lebih menumbuhkan kembali minat dan bakat mereka dalam mengekspresikan diri lewat pentas seni. Alhamdulillah ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat desa, sebab menurut mereka ini jarang sekali pentas seni dilaksanakan. Olehnya itu kami adakan bersama Karang taruna, tetapi waktunya kami batasi hanya sampai pukul 21:00 Wita.” pungkas Sidik.

Dengan berbagai program yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Tematik UNG, tentunya ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa, terutama edukasi serta ilmu yang bermanfaat, dan inilah sebagai bentuk pengabdian mahasiswa KKN Tematik UNG kepada masyarakat desa. (Inong)

Reporter: Suripno Ar. Onge
Editor: Imran Husain

Komentar