Bupati Hamim Pou Shalat Idul Adha di Masjid Agung Baitul Haq Islamic Center Bone Bolango

BONEBOL, (PN) — Bupati Bone Bolango Hamim Pou bersama beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melaksanakan salat Iduladha 1442 H/2021 M di Masjid Agung Baitul Haq Islamic Center Bone Bolango, Selasa (20/7/2021).

Bupati Hamim Pou tiba di Masjid Agung Baitul Haq Islamic Center bersama Ketua TP. PKK Lolly Pou Junus dan anak-anaknya sekitar pukul 06.48 WITA dan langsung melaksanakan salat sunnah dua rakaat, yakni salat tahiyatul masjid.

Sebelum melaksanakan salat Iduladha, Bupati terlebih dahulu mendengarkan kalimat takbir yang dikumandangkan oleh Imam Besar Masjid Agung Baitul Haq Islamic Center Bone Bolango.

Sementara itu, salat Idul adha sendiri dimulai tepat pukul 07.00 WITA.
Bertindak sebagai petugas pelaksana salat Iduladha, yakni Imam, H. Adam Nisipu, M.Pd.I, selaku Imam Besar Masjid Agung Baitul Haq Islamic Center Bone Bolango, Khatib Dr. H. Arfan Tilome, MH, selaku Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag Bone Bolango), dan Bilal Marten Bata, selaku ASN pada Bagian Pemerintahan dan Kesra Setda Bone Bolango.

Usai melaksanakan salat Idul adha, Bupati Bone Bolango Hamim Pou didampingi Ketua Badan Takmirul Masjid Baitul Haq Islamic Center Bone Bolango Dr. Irwan Bempah menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor sapi dari Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Bone Bolango Arfan Tilome yang juga melakukan penyembelihan langsung hewan kurban berupa sapi tersebut.

Pantauan di lokasi, Badan Takmirul Masjid Agung Baitul Haq Islamic Center Bone Bolango, tetap menggelar salat ied saat Hari Raya Iduladha 10 Dzulhijjah 1442 H/2021 M dengan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat.

Bahkan hanya dibuka dua pintu masuk untuk jamaah yang masuk ke dalam masjid, yakni pintu masuk untuk jamaah laki-laki dan pintu masuk untuk jamaah perempuan.

“Di dua pintu masuk ini, jamaah dicek mulai memakai masker dan dicek suhu tubuhnya dengan thermogun oleh panitia dari badan takmirul masjid,”kata Sekretaris Badan Takmirul Masjid Agung Baitul Haq Islamic Center Bone Bolango, Ismail Huntua.

Selain itu, kata Ismail Huntua, pihaknya juga menyiapkan dua tempat cuci tangan dan jamaah di dalam masjid itu diatur berjarak dan memakai masker.“Jadi Prokes memang betul-betul kita terapkan di masjid ini sebagai percontohan, karena ini Masjid Agung, maka kami sangat ketat untuk menjalankan Prokes,”tegas Ismail Huntua dan mengatakan hal ini tidak lain dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di tempat ibadah.

Sementara itu, Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli memilih untuk melaksanakan salat Iduladha berjamaah anggota keluarganya di rumah kediamannya di Kelurahan Tumbihe, Kecamatan Kabila.

Komentar