Buka Diklat Calon Pengawas Sekolah, Marten: Pendidikan Memiliki Peran Menjaga Kelangsungan Pembangunan

KOTA GORONTALO, (PN) — Membuka acara Diklat Service Training (Ist) 1, Calon Pengawas Sekolah dan Memberikan Materi tentang Kebijakan Pembangunan Kota Gorontalo.

Walikota Gorontalo Marten Taha menyampaikan, pendidikan memiliki peran penting dalam menjaga kelangsungan pembangunan baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal.

“Peran pendidikan formal tidak sebatas memberikan pengetahuan dan keahlian kepada setiap individu untuk dapat bekerja sebagai agen perubahan pendidikan yang baik bagi masyarakat,”ucap Marten

“Pendidikan juga menanamkan tata nilai yang luhur atau akhlak mulia, norma-norma, cita-cita, tingkah laku dan aspirasi, selalu berkaitan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan kepentingan pembangunan bangsa khususnya pembangunan sumber daya manusia,”sambung Marten

Melihat urgensi dan kompleknya pendidikan tersebut maka, kata Marten bahwa maju mundurnya pendidikan tidak bisa hanya diletakkan pada pundak pemerintah saja.

“Semua stake holders pendidikan dari sisi software (kurikulum dan sistem pendidikan) maupun hardwarenya ( peserta didik, guru, pengawas sekolah dan orang tua, lingkungan pendidikan, infrastruktur dll) harus turut andil dalam proses keberlangsungan pendidikan,”jelasnya

Dalam hal ini tentu akan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan dimana keberadaan pengawas menjadi salah satu unsur penting yang turut memberi warna atas keseluruhan kualitas pendidikan.

Ia berharap, agar peserta mengikuti kegiatan diklat dengan sebaik- baiknya sehingga pengetahuan dan wawasan yang di terima bisa menjadi modal untuk meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan tugas nantinya.

“Saya menaruh harapan besar agar kiranya kegiatan diklat ini dapat di ikuti dengan baik agar hasilnya bisa bermanfaat bagi peningkatan mutu pendidikan di daerah ini,”pungksanya.(IH)

Komentar