Budaya Daerah Mulai Luntur, Fadel Muhammad  Khawatir Berdampak kepada Bangsa

Kota Gorontalo, (PN) — Kalau berbicara budaya, Indonesia memiliki macam ras, suku, bahasa, adat, serta alam yang melimpah. Keragaman budaya ini karena Indonesia terdiri ratusan ribu pulau tersebar di masing-masing pulau yang memiliki budaya tersendiri. Tetapi seiring perkembangan zaman, budaya Indonesia mulai menghilang salah satunya di Daerah Provinsi Gorontalo.

“Saya ada kekhawatiran bersama teman-teman saya di MPR, bahwa kita melihat terjadi degradasi pada budaya – budaya di daerah, maka budaya itu lama kelamaan luntur (hilang) di Indonesia khususnya Gorontalo,” ucap Wakil MPR RI, Fadel Muhammad usai diskusi Temu Pakar Pimpinan MPR RI bersama Dewan Eksekutif Wilayah Rampai Nusantara Provinsi Gorontalo di New Rahmat Hotel, Kota Gorontalo, Jumat (18/11).

Terlebih, menurut Fadel bahwa jika hal ini terjadi, maka akan sangat berdampak kepada bangsa Indonesia khususnya di Provinsi Gorontalo kedepan.

“Budaya ini adalah hakiki dari suatu daerah, karena saya melihat begitu banyak kegiatan – kegiatan yang dilakukan, tapi kenapa sekarang sudah mulai berkurang,” tutur Fadel

Untuk itu, Mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini, mulai berinisiatif akan membuat suatu badan atau lembaga, untuk bertujuan agar menjaga nilai budaya di Provinsi Gorontalo.

“Saya menginisiatif di Provinsi Gorontalo ini, akan membuat suatu badan atau lembaga yang untuk menjaga kuantitas daripada budaya ini. Maka saya mohon kepada meraka untuk memberikan masukan kepada tingkat daerah maupun di nasional,” tandas Fadel. (IH)

Komentar