Berlatar Belakang Aktivitas Pergerakan, Eka Putra Terus Wujudkan Perjuangannya Lewat PDI-P

Boalemo, (PN) – Tokoh Karyawan Eka Putra Noho beranjak dewasa sudah mengidolakan tokoh besar pendiri bangsa Indonesia yakni Soekarno, dan lebih mengaktualisasikan sosok Soekarno, Eka Putra mencari buku-buku Soekarno untuk memantapkan dirinya mengagumi sosok Soekarno.

Dan sejak mahasiswa, Eka tercatat aktif di pergerekan, ia berjuang bersama mahasiswa memperjuangkan hak-hak rakyat. Pengalaman yang tersulit, Eka sudah menjadi bagian dalam pergerakan yang tergabung dalam gerakan masa aksi di Makassar, waktu itu dikenal “Amarah” kejadian bulan April Makassar berdarah yang menyebabkan banyak korban, tiga orang meninggal dunia dalam kampus.

Akibat peristiwa tersebut, Eka di desak kedua orang tuanya untuk tidak lagi melanjutkan pendidikan tinggi di Makassar. Ia pun memutuskan pergi ke Jakarta, dan bersama beberapa temannya bekerja disebuah perusahaan. Karena saat itu krisis moneter dan ia memutuskan kembali ke Gorontalo tahun 1998-1999.

Sekembalinya ke Gorontalo, Eka Putra Noho masuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), menjabat Ketua Kecamatan PDI-P untuk mengaktualisasikan gagasannya, Eka berani memilih jalannya sendiri, padahal orang tuanya saat itu merupakan kader Partai Golkar.

Eka telah melewati proses yang sangat panjang. Sebelum akhirnya ia dipercayakan oleh rakyat untuk menjadi ketua DPRD Boalemo untuk periode 2019-2024.

Sudah waktunya bagi Ketua DPC PDI-P Boalemo Eka Putra Noho ini untuk maju ke Panggung Pilkada Boalemo tahun 2024. Eka dinilai sudah pantas dan matang untuk menjadi jagoan Partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

Banyak alasan, mengapa PDI-P harus memilih Eka untuk menjadi kontestan pada Pilkada mendatang.Salah satunya karena Eka bukanlah politisi yang datang dengan mengandalkan keberuntungan.

Tekad kuatnya itulah, membawa Eka menjabat sebagai ketua DPC PDI-P Kabupaten Boalemo semenjak 2002 sampai dengan saat ini.

Eka sendiri diketahui terpilih sebagai anggota DPRD Boalemo pada masa bakti 2004-2009, namun pada pemilihan legislatif masa bakti 2009-2014 dirinya tidak terpilih. Hal yang tidak menyurutkan Eka untuk berjuang bersama PDI-P. Hasilnya Eka terpilih menjadi Wakil Ketua II DPRD Boalemo pada periode 2014-2019.

Kini Eka dipercayakan menjadi Ketua DPRD Boalemo Periode 2019-2024. Proses panjang telah di lewati, sudah waktunya bagi Eka untuk menjadi orang nomor satu di Boalemo. Apalagi PDI-P saat ini mendominasi kursi di Parlemen Boalemo, sehingga langkah Eka ke panggung Pilkada akan semakin mempermulus.

Namun semuanya kembali pada kepribadiannya, jika mayoritas rakyat menghendaki maju pada konstentan kepala daerah maka tak ada satupun yang bisa menghalanginya, namun untuk saat ini, ia masih konsen di parlemen untuk mewujudkan aspirasi rakyat yang ia wakili.

Komentar