Berdasarkan Laporan Penilaian SPIP Tahun 2020, Pemkot Gorontalo Berada Ditingkat Terdefinisi

MANADO, (PN) — Sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) terintegrasi sesuai peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2008 adalah proses yang integral. Rabu (16/06)

Dalam hal tersebut, SPIP ini merupakan sistem pengendalian intern yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Berdasarkan laporan penilaian tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP pada pemerintah Kota Gorontalo tahun 2020, Walikota Gorontalo Marten menyampaikan, yang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Provinsi Gorontalo menunjukkan tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP.

“Pada pemerintah Kota Gorontalo tahun 2020 berada dalam tingkat terdefinisi atau level 3 dengan skor 3,125 target yang pemerintah kota gorontalo kedepan adalah pencapaian tingkat maturitas terkelola dan terukur atau level 4 dengan skor minimal 4,0,”ungkap Marten

Kegiatan bimtek ini, kata Marten, SPIP terintergrasi bagi seluruh pejabat fungsional dan struktural dilingkungan inspektorat daerah kota gorontalo, propinsi dan kabupaten se-propinsi.

“Kiranya Inspektorat menjadi driver bagi seluruh OPD di lingkungan pemerintah daerahnya khususnya Kota Gorontalo dalam memahami dan menerapkan sistem pengendalian intern secara tepat, agar sistem tata kelola pemerintahan dapat berjalan dengan baik,”jelasnya

Dengan mengusung tema “Strategi Peningkatan Maturitas Penyelenggaraan SPIP Kota Gorontalo” bimtek ini, tambahnya juga bertujuan untuk mensosialisasikan pengukuran tingkat maturitas SPIP.

“Level maturitas SPIP merupakan tingkat kematangan penyelenggaraan SPIP untuk mencapai tujuan pengendalian intern yang ditentukan oleh eksistensi control design yang bersifat hard control dan soft control,”

“Cakupan hard control meliputi berbagai kebijakan dan pedoman sebagai alat pengendali dalam manajemen pemerintah. sedangkan soft control mencakup perilaku pelaku yang tercermin dalam komponen lingkungan pengendalian berupa integritas, nilai etika, filosofi manajemen, dan gaya operasi,”tandas Walikota.(IH)

Komentar