Anas Jusuf : Pengembangan Pelabuhan Tilamuta Menentukan Perekonomian Boalemo

Boalemo, (PN) – Pelaksana Langsung Tugas Bupati Boalemo, Anas Jusuf dalam penyampaiannya pada kegiatan Musrenbang RKPD Kecamatan Tilamuta, pelabuhan sudah di usulkan kepada Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel sebagai pelabuhan program strategis nasional, Jumat (05/03/2021).

“Maka setiap tahun bukan  DAU yang akan meningkat, tetapi DAK juga yang akan meningkat, kalau pelabuhan ini akan berkembang, tentu pergerakan ekonomi semakin tinggi. Dan potensi yang ada sekarang  menjadi pelabuhan penumpang, ada tol laut yang melayani beberapa kota yang ada di Sulawesi, ada kapal-kapal barang yang masuk, maka potensi ini yang kita manfaatkan” harap Anas Jusuf.

Kemudian untuk kecamatan dan desa, saya mengharapkan kita semua harus berpikir, bagaimana meningkatkan ekonomi di masing-masing desa. Badan Milik Desa (BUMDES) yang ada di desa harus di kawal kepala desa, jangan Bumdes itu hanya menjadi sumber pertentangan di desa.

Ada beberapa desa yang ekonominya sudah mulai meningkat, sehingga itu melalui musrenbang RKPD, mari kita usulkan program yang dapat menyentuh langsung kepada masyarakat, karena musrenbang ini terakhir untuk Pemerintahan Damai.

Kedepan seluruh sistem penganggaran harus berkaitan dengan pengembangan ekonomi secara menyeluruh, setiap tahun kebutuhan anggaran daerah, kecamatan dan desa semakin meningakat.

Disisi lain kita hanya bergantung ke pusat melalui Dana Alokasi Umum (DAU) dan tahun ini anggaran Pemerintah Kabupaten Boalemo kena refocusing sejumlah 33 miliar di tarik kepusat. Artinya anggaran yang di kucurkan Pemerintah Pusat, secara logika kebutuhan kita, semakin meningkat, dan kita jangan banyak berharap anggaran  pusat itu semakin naik.

Oleh sebab itu program pemerintah daerah kedepan, bagaimana pusat-pusat ekonomi kerakyatan ini di kembangkan bersama-sama. di wilayah Boalemo yang bisa menggerakan ekonomi secara menyeluruh dan meningkat secara signifikan yaitu dari pelabuhan.

Pada kegiatan Musrenbang RKPD Kecamatan Tilamuta turut di hadiri oleh Sekretaris Daerah Sheman Moridu, Wakil Ketua DPRD Lahmuddin Hambali, OPD, Camat dan Kepala Desa. (YH).

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar