Ajang Indo Smart City Expo Apeksi 2021, Produk Gorontalo Paling Diminati

JOGJAKARTA, (PN) — Produk Gorontalo menjadi primadona pada Ajang Pameran Indonesia Smart City Apeksi 2021 di Kota Yogyakarta 13 – 15 Oktober.

Pada pameran itu, Pemerintah Kota Gorontalo memamerkan 49 produk dari hasil 15 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Gorontalo.

” Dari 49 produk itu, yang banyak diminati pengunjung adalah Kue Karawo dan Makanan olahan berbahan baku ikan, seperti sambel roa, Nike gorang renyah, sambel ikan tuna dan banyak lagi, ” ucap Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Gorontalo, Kaima Camaru, ketika diwawancarai melalui pesan singkat aplikasi WhatsApp, Rabu (13/10).

Ia mengatakan begitu pemeran dibuka, para pengunjung berjubel mendatangi stand pemerintah kota gorontalo. Berdasarkan catatan ada 137 pengunjung yang datang.

” Mereka tertarik dengan produk Gorontalo karena memiliki nilai kreasi tinggi, terutama pada keindahan kue Karawo,” ujar kaima.

Bahkan lanjut kaima, para pengunjung menanyakan pakaian Karawo yang dikenal mendunia itu.

Namun karena permintaan panitia dibatasi jumlah produk yang dipamerkan, Pihak Pemkot hanya membawa produk yang mudah dikemas.

” Banyak pengunjung yang menanyakan kain karawo yang sudah jadi, tapi karena dibatasi kami hanya membawa bahannya saja,” ucapnya.

Kepada pengunjung, pihak Pemkot turut membagikan masker sulaman karawo secara cuma-cuma. Rupanya cara ini menjadi daya pikat bagi pengunjung.

Selain produk UMKM, lanjut Kaima, pada ISCFE tahun 2021, pihaknya juga memamerkan 11 inovasi yang dihasilkan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan Pemerintah Kota Gorontalo.

“Alhamdulillah, yang kami pamerkan semua ini cukup menyedot pengunjung pameran. Besar harapan kami, pameran ini bisa menambah penghasilan pada pelaku usaha,” pungkas Kaima.

Indo Smart City Expo 2021 merupakan rangkaian agenda yang di gelar Apeksi bersamaan dengan Indo Smart City Forum. (Adv/IH)

Komentar