Ada Hal Yang Menarik di Desa Rumbia Kecamatan Botumoito!

BOALEMO, (PN) – Pemerintah Desa Rumbia Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo, ternyata ada hal yang sangat menarik yang di jalankan oleh Kepala Desa Rumbia dimana kebiasaan gotong royong (Huyula) hanya di jalankan pada pekerjaan tertentu tetapi di Rumbia Pernikahan pun ada “Persatuan Pesta”.

“Dalam kegiatan pernikahan dibuatlah kesepakatan membentuk “Huyula” maka lahirlah namanya “Persatuan Pesta”, dan yang terdaftar di setiap dusun itu baru 293 Kepala Keluarga, maka setiap ada pernikahan, setiap kepala keluarga mengumpulkan dana 20 ribu, sehingga dana yang akan terkumpul jika ada pernikahan berjumlah 5.860.00, akan di serahkan kepada keluarga yang menggelar pernikahan” ungkap Kepala Desa Rumbia Rudin Dai, Sabtu (20/03/2021).

Lanjut Rudin Dai, inovasi ini lahir di latar belakangi dari pengeluaran yang begitu besar bagi keluarga saat menggelar hajatan pernikahan apa lagi jika yang menggelar hajatan pernikahan keluarga miskin, dan demi mengurangi beban serta meringankan bagi keluarga yang punya hajatan pernikahan maka ada solidaritas dari masyarakat sekitar lewat wadah yang telah terbentuk lewat gerakan 20 ribu hanya di khususkan bagi anggota yang terdaftar di wadah tersebut.

Nantinya gerakan ini akan terus bergulir jika ada hajatan bagi anggota yang terdaftar dalam “Persatuan Pesta” dan gerakan akan berakhir jika seluruh anggota telah menerima balasan yang sama, kalau 293 Kepala Keluarga semuanya sudah punya hajatan pernikahan maka di mulai lagi dari awal untuk membumingkan kembali sistem gotong royong yang mulai punah. (YH).

Sekedar diketahui Pengurus Persatuan Pesta Desa Rumbia sebagai berikut:

Ketua : Nurdin Basir
Sekretaris : Siratin Mutu
Bendahara : Ishak Orangi

Komentar

News Feed