oleh

UNG raih peringkat 2 Nasional pada pemilihan Duta SDGs Nasional 2020

Gorontalo, (PN) – Universitas Negeri Gorontalo raih peringkat 2 nasional pada kegiatan pemilihan duta kampus Sustainable Development Goals (SDGs) Nasional 2020.

Duta SDGs yang meraih peringkat nasional tersebut adalah Hendrawan Dwikurnia Datukramat. Duta asal UNG ini menggungguli duta universitas besar lain di seluruh Indoensia seperti Universitas Jember, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran.

Sebelumnya, para duta SDGs UNG ini selama 2 minggu di bimbing oleh pusat studi SDGs UNG bersama tim dan para dosen program studi

Dari hasil pembimbingan tersebut melahirkan dua proposal unggulan program yang akan direncanakan untuk Tahun 2021 dan 2022.

Duta SDGs, Hendrawan Datukramat mengangkat masalah stanting yang solusinya inovasi adalah PELITA DESA (Pengembangan Literasi Kesehatan) di Desa Hutadaa Kecematan Telaga Jaya, Kab. Gorontalo.

“Sub kegiatan meliputi PELITA REMAJA, OPTIMIS SEHAT dengan memanfaatkan tanaman lokal berbasis “bio eco culture dalam pemenuhan gizi masyarakat”, dan integrasi program melalui teknologi IT berupa DASHBOARD PELITA DESA berbasis android,” Jelas Hendrawan.

Sedangkan untuk Duta SDGs, Exzalin Putri Hilala, mengangkat masalah UMKM dengan topik “SMP UMKM (Sekolah Masyarakat Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Di Desa Tulo’a Kecematan Bulango Utara, Kab. Bone Bolango.

Sub kegiatan meliputi pembentukan komunitas SMM UMKM, Kurikulum UMKM berbasis inovasi potensi lokal, dan membentuk marketplace berbasi platform android yang mengandeng mitra usaha lain.

Dari dua duta yang dikirim untuk mengikuti kegiatan pemilihan duta SDGs Nasional 2020, nama Hendrawan Dwikurnia Datukramat muncul meraih juara 2 Duta SDGs Nasional.

“Kesuksesan ini kami dapatkan karena atas izin-Nya dan dukungan dari Rektor UNG, serta WR III UNG yang selalu mendampingi kami,” Ujar Hendrawan

Kegiatan duta SDGs ini diselenggarakan oleh kementrian PPN/Bappenas, dan event ini pertama kali diselenggarakan di indonesia.

kejuaraan ini disampaikan pada hari Kamis, Tanggal 17 Desember 2020 oleh kementerian PPN/Bappenas secara virtual yang dibuka langsung oleh Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo. (Arlan)

Lihat Juga  Bupati Saipul Mbuinga Dukung Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Teluk Tomini

Komentar